Friday, December 16, 2016

Abdullah Mandela

Udah lamaa banget mau nulis tentang kisah lahirnya Abdullah yang buat saya adalah pengalaman yang lumayan membekas. Hehehe... cerita hamil dan melahirkan setiap anak memang beda-beda ya... Walaupun sudah pernah melahirkan sebelumnya, untuk melahirkan lagi kayaknya tetep ada ada hal yang bisa dijadiin pelajaran yaa, insya Allah. 

Anak kedua kami Abdullah Mandela lahir 2 Desember lalu, 3 Rabiul awal. Alhamdulillah sehat, dengan berat 3,4 Kilo dan panjang 52 cm. Lumayan besar untuk kelahiran di 38 minggu lebih beberapa hari. Ga kebayang kalau lahir 40 minggu. Hehehe Allah memang punya takdir paling baiiiik. Oh iya, itu Mandela adalah nama belakang Ayahnya ya. Abdullah's grandpa was so inspired by Nelson Mandela by the way..

Kontraksi Palsu
Saya udah mulai kontraksi palsu yang bisa dibilang lumayan rutin dari hari Selasa dan lanjut ke hari Rabu. Hari Rabu sempet keluar flek merah juga tapi cuma sedikit. Rasa kontraksi nya itu udah lumayan melilit-melilit 10 menit sekali tapiii hanya pas malam kalau pas siang kontraksi juga cuma gak rutin. Dan saya gak banyak berharap karena ada temen yang kontraksi palsu dari minggu 35 tapi lahirannya tetep di minggu ke 41. Kenapa kok kayaknya kepingin banget melahirkan? Karena udah kasian sama Asiyah.. Saya udah lumayan payah untuk diajak main. Untuk nemenin Asiyah main sambil duduk aja rasanya udah sakit-sakit apalagi kalau sore-sore. Apalagi buat main lompat-lompat ada banting-banting badan? Udah pasti nyerah deh

Hari Rabu udah lumayan deh melilitnya. Hari Kamis melilitnya udah lumayan dari pas siang-siang gitu juga kontraksi. Dan lumayan sakit juga. Tapi tetep gak banyak berharap. hehehe

Menuju jam 12 malam di hari Kamis
Saya gak begitu liat jam pas saya merasa "pyaar" dan basah. Masih chat sama mamah mertua akhirnya chat berhenti karena saya pamit "bentar yah mah, pecah ketuban". Melilit waktu itu saya masih bisa tahan. Mulai bangunin Abang dan buah hatiku yang hari ini tidur malamnyanya amaaat terganggu. Akhirnya kami ke rumah sakit. Abang cari mobil drivenow yang paling deket dari rumah yang bisa di sewa. Alhamdulillah dapet. Udah bawa koper buat baju ganti di rumah sakit.

Di Rumah Sakit
Yang periksa air ketubannya beneran udah keluar apa belum adalah bidan yang menurut saya kuraaaaaaaaaaaang ramah. Huhu... sampe pas lagi di CTG aja rasanya jadi gak mau lahiran malem itu. Dan pas tanya bidannya kalo misal saya mesti tinggal di sana malam itu maunya sama dokter perempuan. Terus bidannya bilang, cuma ada dokter laki-laki malam ini. Pas saya nanya lagi kalau shift yang pagi gimana, beliau cuma bilang saya gak tau kalo itu. Dalam hati sih "emangnya ga ada jadwalnya apaaaaah". huhuhu makiiin gak mau lahiran. Abangpun lebih setuju kalau pulang.
Hasil dari pemeriksaan ibu bidan, itu bukan air ketuban dan pembukaan juga masih jauh. Tapi saya masih harus ketemu dokter dulu di USG. Terus dia bilang "kalo kamu gak mau tinggal bilang aja". Nunggunya lumayan lama. Kasian Asiyah sama Aba nya nunggu di bawah. Hati udah gak keruan soalnya sambil nahan melilit.

Pulang
Akhirnya pak Dokter cuma nyamperin saya aja gak disuruh masuk keruangannya juga. Alhamdulillah, dan intinya saya disuruh pulang. Pas pulang ternyata gak ada mobil drivenow yang bisa disewa. Akhirnya kami jalan kaki. Jarak rumah sakit dan rumah kami itu sebenarnya gak jauh. sekitar 10-15 menit jalan kaki kalau kondisi fit bukan pas melilit mau melahirkan hehehe sampai di rumah mungkin sekitar jam setengah 3.

Kontraksi Melahirkan
Persis seperti Asiyah dulu, hampir kontraksi awal berlalu di rumah. Pas sampai rumah setelah Asiyah tidur dan Aba nya juga istirahat, satu-satunya yang gak bisa merem adalah saya. Mulai dari jam 3 mungkin ya... melilitnya udah sakiiiit. hehe Sakitnya bagaimana mah gak bisa di deskripsiin yah. Akhirnya menuju jam 6 pagi keadaan saya udah gak keruan. Entah kenapa sakit yang ini lebih sakiiiit dari pada Asiyah dulu. Dan saya udah mulai gak kuat buat gak push. Akhirnya habis subuh (disini subuh sekarang jam 6 pagi) kami berangkat kerumah sakit lagi. Tanpa koper. Abang cari mobil alhamdulillah ketemu. Asiyah udah nangiiiiis aja ngeliat saya kesakitan karena muka dan badan udah gak bisa kontrol lagi.

Ruang bersalin
Sampai di pintu gerbang rumah sakit saya masih tetap harus jalan. hmm rasa nya kayak apa? kayak udah pingin lahiran di jalan. hahaha dan saya ngareeep banget ada kursi roda yang dorongin saya sampe atas. Abang gak bisa bopong karena harus parkir mobil dan jagain Asiyah. Sampai di atas ketemu bidan yang perawakannya gemuk saya pasrah kali ini moga Allah bantu dengan bidan yang ramah dan dokter perempuan. Bidan suruh saya ikut ke ruang bersalin. Saya tanya "saya udah boleh push belum?" bidannya jawab "saya harus liat dulu udah sejauh mana". Setelah di cek bidan bilang "kalau ada kontraksi anda udah bisa push". Sebelumnya saya udah bilang juga mau nya sama dokter perempuan. Dia bilang "belum ada, dokter perempuan ada mulai jam 8". Saya masuk ruangan sekitar pukul 7. Alhamdulillah 'ala kullih haal... Dokter perempuannya ada. Dan dokternya yang saya pernah ketemu juga. Cantik dan ramaaaah, senyum melulu. Bidannya juga ketawaaaa melulu. Seneng banget. Beneran. hehe akhirnya lahirlah Abdullah jam 7:35 pagi alhamdulillah.

Rasa lega dan bahagianya yaa Allaah gak terkira. Sungguh kekuatan sumbernya hanya dari Allah. Intinya saya cuma bisa berpasrah. Allah, Allah, Allah.

Abdullah hari ini 14 hari. Sehat-sehat anak-anakku Asiyah dan Abdullah. Ummi dan Aba dengan segala kekurangan kami dalam mendidik dan membesarkan kalian, sayaaaaang kalian tanpa batas.

You can't describe the feeling of being a parent. Yet all you can do is praying. Praying that Allah will protect yor children through your hands and care and Allah will watch them in everystep of their life. Kita orang tua banyak salah sama anak. Cuma bisa berdoa supaya Allah tetap tunjukan jalan kita untuk mendidik mereka laa ilaa ha illallooh dan sunnah rosulNya. Laa hawla walaa quwwata illa billaaaaah

No comments:

Post a Comment